200+ Cabang Ilmu Biologi - AnakSMA

200+ Cabang Ilmu Biologi

artikel ini menjabarkan lebih dari 200 cabang ilmu biologi, tepatnya 205 yang saat ini diakui merupakan percabangan dari ilmu biologi

Sebagaimana sahabat Anaksma ketahui bahwa ruang lingkup biologi meliputi seluruh persoalan kehidupan, termasuk hal-hal yang mempengaruhi kehidupan tersebut.

Selain itu diketahui bahwa objek kajian biologi itu sendiri meliputi mikroorganisme (makhluk hidup berukuran mikro/kecil) maupun makroorganisme (makhluk hidup berukuran besar).

Untuk mempermudah pembelajaran dan pengembangan ilmu biologi, dilakukanlah diversifikasi kajian yang melahirkan lebih dari 200 cabang ilmu biologi, tepatnya sebanyak 205 (dua ratus lima).

Saking luasnya, setiap cabang ilmu biologi tersebut memiliki berbagai permasalahan dan persoalan juga, loh. Bahkan ada ilmu biologi yang mempelajari tentang penggolongan makhluk hidup yaitu taksonomi.


Setiap cabang kajian biologi yang ada saat ini juga melebur dengan ilmu lainnya seperti matematika, fisika, kimia, maupun sejarah.

Sebagai contoh ilmu biomatematika dan biostatistika adalah cabang ilmu biologi yang melibatkan ilmu matematika.

Untuk lebih jelasnya berikut 200+ cabang ilmu biologi serta penjelasannya secara lengkap yang disajikan dalam bentuk tabel, cabang ilmu biologi dan contoh permasalahannya, cabang biologi berdasarkan objek dan tema pokok atau persoalan.

200+ Cabang Ilmu Biologi dan Penjelasannya


  1. Acariologi yaitu cabang Ilmu biologi yang mempelajari acarina (tungau).
  2. Aerobiologi yaitu salah satu cabang Ilmu biologi yang mempelajari partikel organik yang tersebar di udara, seperti bakteri, virus, spora jamur, insekta berukuran sangat kecil, dan butiran serbuk sari.
  3. Agroforestri (wanatani) yaitu salah satu cabanh ilmu biologi yang mempelajari pengelolaan sumber daya alam yang menggabungkan kegiatan pengelolaan hutan dan pertanian.
  4. Agronomi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang budidaya tanaman.
  5. Algologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang alga.
  6. Anatomi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang bagian-bagian tubuh.
  7. Anatomi Perbandingan yaitu salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan dari anatomi setiap makhluk hidup.
  8. Andrologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang berbagai jenis hormon serta kelainan pada reproduksi pria.
  9. Anestesiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penggunaan anestesi (obat bius).
  10. Angiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penyakit pada sistem peredaran darah dan sistem limfatik.
  11. Antropodologi yaitu salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang hewan antropoda (primata atau kera tidak berekor dan berjalan agak tegak, seperti simpanse, gorila, orang utan atau gibon).
  12. Antropologi Biologi yaitu cabang Ilmu biologi yang mempelajari tentang keanekaragaman manusia, perilaku, sejarah, evolusi manusia dalam rentang waktu yang berbea dan membandingkan anatominya. Antropologi merupakan cabang ilmu biologi yang melebur dengan ilmu sejarah.
  13. Apiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang lebah dan apikultur (budidaya lebah).
  14. Arachnologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang laba-laba.
  15. Artrologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang sendi atau penyakit dalam sendi.
  16. Astrobiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang evolusi, distribusi, dan kehidupan yang akan terjadi di masa depan.
  17. Bakteriologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang bakteri.
  18. Batrakologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang amphibia.
  19. Biofarmaka yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang budidaya tanaman obat.
  20. Biofisika yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang aplikasi berbagai macam perangkat dan hukum fisika untuk menjelaskan berbagai fenomena biologi yang ada. Biofisika merupakan cabang ilmu biologi yang melibatkan ilmu fisika.
  21. Biogenering yaitu cabang Ilmu biologi yang mempelajari tentang penggunaan prinsip-prinsip teknik rekayasa teknologi di bidang biologi untuk menghasilkan produk yang bermanfaat.
  22. Biogeografi yaitu salah satu cabang Ilmu biologi yang mempelajari keanekaragaman hayati ditinjau dari perspektif ruang dan waktu tertentu.
  23. Bioinformatika yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penerapan teknik komputasional dalam ilmu biologi yang digunakan untuk mengelola dan menganalisis berbagai informasi biologis, seperti proses pencarian sekuen DNA dengan algoritma pada database yang dilakukan oleh Needleman dan Wunsch pada tahun 1960-an.
  24. Biokimia yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kimia makhluk hidup.
  25. Bioklimatologi yaitu cabang Ilmu biologi yang mempelajari tentang pengaruh iklim terhadap makhluk hidup yang ada di dunia ini.
  26. Biologi Air Tawar yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kehidupan dan ekosistem habitat air tawar.
  27. Biologi Evolusioner yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang asal usul spesies yang memiliki nenek moyang yang sama.
  28. Biologi Integratif yaitu cabang biologi yang mempelajari tentang organisme secara keseluruhan dengan melibatkan ilmu biologi dan fisika, kimia, pencitraan, teknik, dan informatika.
  29. Biologi Kelautan yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kehidupan berbagai macam biota laut serta interaksinya terhadap lingkungan.
  30. Biologi Konservasi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pelestarian, perlindungan dan restorasi lingkunga alam, vegetasi, ekosistem alami, dan satwa liar.
  31. Biologi Kuantum yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang aplikasi mekanika kuantum terhadap berbagai objek kajian biologi dan permasalahan yang ada.
  32. Biologi Lingkungan yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang lingkungan hidup beserta permasalahan dan solusinya.
  33. Biologi Molekuler yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kajian biologi pada tingkat molekul.
  34. Biologi Pembangunan yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang lingkungan hidup dalam keruangan.
  35. Biologi Perkembangan yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang tahapan atau proses pertumbuhan dan perkembangan organisme, baik mikroorganisme maupun makroorganisme.
  36. Biologi Populasi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang populasi organisme yang ada di bumi terutama terkait pengaturan jumlah populasi , ciri-ciri, sejarah kehidupan suatu populasi makhluk hidup hingga kepunahannya.
  37. Biologi Psikologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pengaruh timbal balik diantara bidang psikologis dan biologi terhadap satu sama lain.
  38. Biologi Reproduksi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang perkembangbiakan
  39. Biologi Sintesis yaitu cabang Ilmu biologi yang mempelajari desain dan konstruksi fungsi biologi baru dan sistem yang tidak bisa ditemukan di alam dengan ilmu pengetahuan hayati dan teknologi lain.
  40. Biomatematika yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang proses biologis dengan penekanan dan pemodelan secara kuantitatif.
  41. Biomekanika yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang aplikasi dari prinsip dan teknoloi mekanik untuk menciptakan suatu sistem biologis.
  42. Bionik yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penerapan atau aplikasi metode dan sistem biologis yang ada dan ditemukan di alam untuk menciptakan sistem desain rekayasa serta teknologi modern sebagai penunjang kehidupan manusia.
  43. Biostatistika yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penerapan ilmu statistika dalam ilmu biologi.
  44. Bioteknologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup maupun produk yang dihasilkan dari makhluk hidup dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai penunjang kehidupan manusia.
  45. Botani yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuhan.
  46. Bryologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang bryophyte (lumut).
  47. Cetologi yaitu Ilmu biolologi yang mempelajari tentang cetacean (hewan laut berukuran besar, seperti paus, lumba-lumba, pesut, dan lain-lain).
  48. Conchologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kulit moluska (hewan bertubuh lunak, seperti keong, siput, lintah, dan lain-lain).
  49. Dendrokonologi yaitu salah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penentuan usia tanaman anual (pohon tahunan) berkambium melalui analisis cincin lingkaran tahunan pada batang tumbuhan .
  50. Dendrologi yaitu salah satu cabang Ilmu biologi yang mempelajari tentang morfologi dan anatomi pohon atau tumbuhan berkayu lainnya seperti ulin, semak, dan lain-lain.
  51. Dermatologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kulit dan penyakitnya.
  52. Ekofisiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang adaptasi fisik suatu organisme terhadap kondisi di lingkungannya.
  53. Ekologi yaitu salah satu cabang Ilmu biologi yang mempelajari hubungan timbal balik atau hubungan saling keterkaitan antara makhluk hidup dan lingkungannya pada suatu tingkatan organisasi kehidupan.
  54. Ekologi Molekuler yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang ekologi pada tingkat molekul.
  55. Embriologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang perkembangan embrio.
  56. Endokrinologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang hormone.
  57. Entomologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang serangga.
  58. Enzimologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang enzim.
  59. Epidemiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penularan penyakit.
  60. Epigenetik yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang perubahan dalam ekspresi gen yang disebabkan oleh mekanisme selain perubahan dalam urutan DNA yang mendasarinya.
  61. Epizoologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang hewan vektor atau hewan yang dapat menularkan penyakit kepada manusia.
  62. Etnobiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pengetahuan manusia terhadap hewan, tumbuhan, dan lingkungan hidupnya.
  63. Etnobotani yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang manusia dengan tumbuhan.
  64. Etnozoologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan manusia dengan hewan.
  65. Etologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang mekanisme dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku atau tingkah laku pada hewan.
  66. Eugenetika yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat.
  67. Evolusi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang perubahan makhluk hidup yang terjadi dalam jangka panjang.
  68. Farmakologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang obat-obatan, interaksi dan efeknya pada tubuh manusia.
  69. Fenologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pengaruh iklim atau lingkungan sekitar terhadap penampilan atau sifat fisika suatu organisme di wilayah tertentu.
  70. Fikologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang alga.
  71. Filogeni yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan diantara kelompok-kelompok organisme yang berkaitan dengan proses evolusi.
  72. Fisiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang fungsi kerja tubuh.
  73. Fisioterapi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pengobatan terhadap penderita yang mengalami kelumpuhan dan gangguan otak.
  74. Fitopatologi yaitu Ilmbu biologi yang mempelajari tentang penyakit tumbuhan yang diakibatkan oleh serangan patogen maupun ketersediaan hara.
  75. Florikultura yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang segala hal mengenai tanaman-tanaman hias.
  76. Gastrologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang saluran pencernaan yang umumnya pada lambung dan usus.
  77. Genetika yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat.
  78. Genetika Ekologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang genetika dan ciri-ciri ekologi.
  79. Genetika Evolusioner yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang evolusi dari pewarisan sifat makhluk hidup.
  80. Genetika Kuantitatif yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat-sifat terukur suatu organisme yang tidak bisa dijelaskan secara langsung melalui teori dan hukum pewarisan Mendel.
  81. Genetika Kualitatif yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pembawaan pewarisan sifat-sifat yang bisa dijelaskan secara langsung dengan teori atau hukum pewarisan Mendel.
  82. Genetika Molekuler yaitu Ilmu biologi yang mengkaji bahan genetik dan ekspresi genetik di tingkat subselular (di dalam sel).
  83. Genetika Populasi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang transmisi bahan genetik pada ranah populasi.
  84. Genomika yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang bahan genetik dari suatu dari suatu organisme atau virus.
  85. Geobiologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang interaksi organinsme dengan lingkungannya, dengan melibatkan ilmu geologi dan biologi dalam pembelajarannya.
  86. Geriatri yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penyakit dari manusia yang sudah memiliki umur usia lanjut.
  87. Gerontologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang berbagia aspek mengenai penuaan yang melalui psikologis, biologis, ekonomi, sosial, kesehatan, dan lingkungan.
  88. Ginekologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penyakit-penyakit sistem reproduksi wanita (rahim, vagina, ovarium).
  89. Helminthologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang cacing.
  90. Hematologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang darah, seperti organ pembentuk darah, dan penyakitnya.
  91. Herbakronologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari analisis cincin pertumbuhan melalui xylem akar sekuder pada tanaman herbaceous (tanaman tidak berkayu).
  92. Herpetologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang reptilia dan amphibi seperti ular dan kadal.
  93. Higiene yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kesehatan makhluk hidup.
  94. Histologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang jaringan.
  95. Histopatologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kondisi serta fungsi jaringan dan hubungannya dalam penyakit.
  96. Hortikultura yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang budidaya tanaman dimulai dari proses penanaman sampai pasca panen.
  97. Hortikultura Lanskap yaitu cabang Ilmu biologi di bidang pertanian yang mempelajari tentang perancangan lahan untuk memaksimalkan budidaya tanaman holtikultura.
  98. Ichtiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang ikan.
  99. Ilmu Gulma yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang gulma, perilakunya, serta pengendaliannya.
  100. Ilmu Kedaruratan Medis yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pertolongan pertama pada suatu penyakit.
  101. Ilmu Kedokteran Forensik atau kedokteran kehakiman atau yuridprudensi medis yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang memanfaatkan ilmu biologi di bidang kedokteran untuk kepentingan penegakan hukum seperti autopsi korban kecelakaan dan lain-lain.
  102. Ilmu Kedokteran Gigi yaitu Ilmu yang mempelajari tentang pencegahan dan perawatan penyakit atau kelainan pada gigi dan mulut tanpa dilakukannya pembedahan.
  103. Ilmu Kedokteran Hewan yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang yang penerapan prinsip-prinsip ilmu biologi di bidang kedokteran untuk diagnosis dan terapi hewan.
  104. Ilmu Kedokteran Molekuler yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang tingkat molekul.
  105. Ilmu Kesehatan Masyarakat yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari upaya meningkatkan taraf kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian terkait pemeliharaan, perlindungan, dan edukasi.
  106. Ilmu Pemuliaan yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari dalam pemeliharaan hewan dan tumbuhan serta untuk menjaga kemurnian galur atau ras dan memperbaiki produksi atau kualitasnya yang melalui penerapan genetika.
  107. Ilmu Produksi Ternak yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang perawatan, perlindungan, pada hewan ternak dengan benar dalam rangka mengingkatkan kualitas pada produk ternak.
  108. Ilmu Teknologi Enzim yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang aplikasi teknologi yang digunakan untuk menghasilkan enzim untuk menunjang kehidupan manusia.
  109. Imunohematologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang golongan darah.
  110. Imunologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang sistem kekebalan imun tubuh, terutama pada manusia.
  111. Imunoserologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang identifikasi antibodi maupun kesesuaian organ untuk transplantasi dan investigasi masalah kekebalan tubuh.
  112. Informatika Kedokteran yaitu cabang ilmu biologi di bidang kedokteran yang mempelajari tentang penyimpanan, penarikan dan penggunaan data, informasi serta pengetahuan biomedik secara optimal untuk tujuan pemecahan masalah serta pengambilan keputusan.
  113. Kardiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang jantung dan pembuluh darah.
  114. Karsinologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang crustacean
  115. Kladistika yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang metode klasifikasi ke dalam kelompok yang terdiri dari organisme nenek moyang beserta keturunannya.
  116. Klimatologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang gambaran dan penjelasan sifat iklim.
  117. Kriobiologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang kondisi organisme (bahan dan sistem biologis) pada suhu rendah.
  118. Kriptozoologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pecarian atau investigasi keberadaan hewan yang belum ditemukan namun diyakini keberadaannya.
  119. Kronobiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang fenomena dalah makhluk hidup secara periodik dan adaptasi terhadap ritme bulan dan matahari.
  120. Likenologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang lumut, simbiosis organisme terdiri dari asosiasi simbiosis akrab dari alga mikroskopis dengan jamur filamen.
  121. Limnologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang rawa.
  122. Malakologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang moluska.
  123. Mamologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang mammalia.
  124. Mastologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentangpenelitian ilmiah payudara.
  125. Mellisopalinologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang serbuk sari yang terkandung dalam madu dan tanaman sebagai sumber serbuk sari.
  126. Metabolomika yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang biologi molekular terkait kajian seluruh produk enzimatik yang terjadi di dalam sel organisme atau makhluk hidup.
  127. Mikologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur.
  128. Mikrobiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang organisme mikro (mikroorganisme).
  129. Mikrobiologi Kedokteran yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pembelajaran mikroorganisme yang termasuk bakteri, virus, jamur dan parasit yang penting bagi kedokteran yang bisa menimbulkan penyakit.
  130. Miologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang otot.
  131. Mirmekologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang rayap.
  132. Morfologi yaitu Imlu biologi yang mempelajari tentang bentuk atau luar ciri organisme.
  133. Nasofaringologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang nasofaring (bagian hulu kerongkongan yang berhubungan dengan hidung).
  134. Nefrologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang fungsi dan penyakit ginjal.
  135. Nematologi yaitu Ilmu biologi yang nempelajari tentang nematoda.
  136. Neufarmakologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pengaruh narkotika dan zat adiktif lainnya terhadap fungsi seluler dari sistem syaraf makhluk hidup.
  137. Neuroethologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang kebiasaan hewan yang dipengaruhi oleh sistem saraf aktif.
  138. Neurologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penanganan penyimpanan pada sistem saraf.
  139. Neurosains yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang sistem saraf atau sistem neuron.
  140. Neurosains Evolusioner yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang evolusi dan sejarah alami terkait struktur dan fungsi sistem saraf organisme atau makhluk hidup.
  141. Nosologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pengelompokan penyakit untuk tujuan tertentu.
  142. Nutrisi yaitu Ilmu biologi yang mmpelajari tentang penyediaan nahan yang diperlukan untuk mendukung kehidupan sel dan organisme.
  143. Obstetri yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan tentang persalinan, hal-hal yang mendahuluinya dan gejala-gejala sisanya.
  144. Oftalmologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang mata.
  145. Olerikultura yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang segala hal tentang sayur.
  146. Onkologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang kanker serta cara pencegahannya.
  147. Onthogeni yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup dimulai dari zigot sampai tumbuh menjadi dewasa.
  148. Organologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang organ.
  149. Ornitologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang burung.
  150. Ortodonti yaitu Ilmu biologi di bidang kedokteran gigi yang mempelajari faktor variasi genetik, perkembangan, dan bentuk wajah terhadap oklusi gigi dan fungsi organ di sekitarnya.
  151. Ortopedi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang gangguan pada sistem muskuloskeletel akibat cedera pada tingkat akut, kronis, hingga trauma.
  152. Oseanografi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang laut seperti kehidupan laut, geografi, cuaca, lingkungan dan aspek yang lainnya yang mempengaruhi laut.
  153. Osteologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang tulang.
  154. Otolaringologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penelitian diagonosis dan pengobatan penyakit pada telinga, tenggorokan, hidung, kepala dan leher.
  155. Otologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang telinga dan kelainan yang terjadi pada telinga serta operasi mikro pada telinga.
  156. Palaentologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang fosil.
  157. Paleobotani yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuhan masa lampau.
  158. Paleozoologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang hewan purba.
  159. Palinologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang polimomorf dan fosilnya seperti serbuk sari, sepura, dinoflagelata, acritarchs, kista, chitinizoa, dan scolecodont, yang ada saat ini. Palinologi juga mengkaji partikel organik dan kerogen yang terdapat pada sedimen maupun batuan di muka bumi.
  160. Parasitologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang parasit.
  161. Patologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penyakit.
  162. Patologi Anatomi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kelainan struktur miksroskopik dan maksroskopik berbagai organ serta jaringan lainnya yang disebabkan oleh penyakit.
  163. Patologi Klinik yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kelainan yang terjadi pada fungsi organ atau sistem organ lainnya.
  164. Pediatri yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang masalah penyakit pada bayi dan anak.
  165. Penelitian Biomedis yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penelitian dasar, terapan atau translasi yang digunakan untuk membantu serta mendukung dalam bidang kedokteran.
  166. Perinatologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari kesehatan janin dalam kandungan serta kondisi dan kesehatan bayi yang baru lahir.
  167. Periodonti yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang aspek klinis serta jaringan yang mendukung gigi.
  168. Planktologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang plankton.
  169. Pomologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang hortikultura segala hal mengenai buah.
  170. Primatologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang primata.
  171. Proktologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang gangguan pada rektum, usus besar dan anus.
  172. Proteomika yaitu ilmu biologi yang mempelajari tentang kajian secara molekuler terhadap keseluruhan protein yang dihasilkan dari ekspresi gen yang berada di dalam sel.
  173. Protistologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang protista (organisme bersel satu).
  174. Protozoologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang protozoa.
  175. Psikiatri yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kedokteran jiwa.
  176. Pteridologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuhan paku.
  177. Pulmonologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang paru-paru.
  178. Radiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pemanfatan pancaran gelombang radiasi yang aman digunakan untuk melihat bagian tubuh manusia.
  179. Rekayasa Genetika yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang manipulasi sifat genetis.
  180. Rematologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang diagnosis dan terapi penyakit rematik.
  181. Reumatologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang diagnosis dan terapi kondisi penyakit yang mempengaruhi otot, sendi dan tulang.
  182. Rodentiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang rodentia.
  183. Sanitasi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang kesehatan lingkungan.
  184. Simbiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan simbiosis dengan makhluk hidupnya.
  185. Sindesmologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang sendi.
  186. Sitologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang sel.
  187. Sosiobiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang perilaku sosial dan menjelaskan serta memeriksa perilaku sosial dan konteks tersebut.
  188. Splanologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang organ-organ internal.
  189. Stomatologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang mulut beserta penyakit-penyakit di dalam mulut.
  190. Taksonomi yaitu Ilmu biologi yang memplajari tentang sistematika makhluk hidup.
  191. Teknik Biokimia yaitu Ilmu biologi yang mempelajari perancangan dan konstruksi proses produksi yang melibatkan agen biologi.
  192. Teknik Biomedis yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang prinsip teknis untuk praktek kedokteran.
  193. Teratologi yaitu Ilmu yang mempelajari tentang cacat janin dalam kandungan.
  194. Toksikogenomik yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang interpretasi, pengumpulan, dan penyimpanan informasi gen serta aktivitas protein dalam jaringan tertentu terhadap zat beracun yang masuk ke dalam tubuh suatu organisme atau makhluk hidup.
  195. Toksikologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pemahaman pengaruh-pengaruh bahan kimia yang akan merugikan bagi organisme hidup.
  196. Transkriptomika yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang produk transkripsi secara keseluruhan.
  197. Traumatologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang luka, terapi bedah serta perbaikan kerusakannya.
  198. Urologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang ilmu kedokteran yang mencakup ginjal dan saluran kemih pada pria dan wanita baik masih kecil maupun sudah dewasa dan organ reproduksi pada pria.
  199. Venereologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang penyakit menular seksual.
  200. Virologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang virus.
  201. Viscerologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang organ dalam.
  202. Xenobiologi yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang pengetahuan spekulatif mengenai adanya makhluk hidup selain di bumi.
  203. Zoologi yaitu Ilmu biologin yang mempelajari tentang hewan.
  204. Zoologi Perbandingan yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan antar hewan.
  205. Zoosemiotik yaitu Ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan antar hewan.

Kesimpulan

Berikut adalah 200+ cabang ilmu biologi dan penjelasannya. Hal ini berarti bahwa ruang lingkup ilmu biologi sangat lah luas.

Untuk lebih memahami pengetahuan sahabat Anaksma.web.id mengenai cabang-cabang ilmu biologi, dapat menelusuri objek ilmu biologi serta permasalahan atau persoalannya.

Sahabat anaksma.web.id akan lebih memahami persoalan-persoalan yang akan dihadapi dalam pembelajaran biologi.

Share with your friends

Give us your opinion