Materi Singkat Ruang Lingkup Biologi (Kelas 10) - AnakSMA

Sunday, March 8, 2020

Materi Singkat Ruang Lingkup Biologi (Kelas 10)

Materi atau pembahasan Ruang lingkup biologi adalah seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini, baik itu Plantae (tanaman), Animalia (hewan), Protista (organisme bersel satu), fungi (jamur), Eubacteria dan Archaebacteria.
Biologi bersal dari dua kata, yaitu "bios" yang berarti hidup dan "logos" yang berarti pengetahuan. Berdasarkan kedua pengertian epitimologi tersebut, Biologi adalah Ilmu yang merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mengkaji segala sesuatu tentang makhluk hidup dan kehidupannya ini.

Ciri-ciri ilmu biologi sebagai ilmu salah satu ilmu pengetahuan adalah ilmu biologi mengkaji berbagai persoalan yang berkaitan dengan tingkat organisasi kehidupan mulai dari yang terkecil hingga yang kompleks dengan urutan mulai dari molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan terakhir adalah biosfer.

Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa ruang lingkup biologi meluputi seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi.

Objek kajian biologi

Biologi adalah ilmu yang mengkaji semua persoalan seputar makhluk hidup, pada mulanya makhluk hidup diklasifikasikan menjadi 3 kingdom atau kerajaan yaitu Plantae (tumbuhan), Animalia (hewan) dan Protista (organisme bersel satu atau peralihan antara tumbuhan dengan hewan).

Kemudian Withaker (seorang ekolog tanaman berkebangsaan America Serikat) mengelompokan makhluk hidup menjadi 5 kingdom atau kerajaan yaitu Plantae (tanaman), Animalia (hewan), Protista (organisme bersel satu), Monera (organisme bersel satu yang belum mempunyai selaput inti sel) dan fungi (jamur). Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengelompokan objek biologi terbagi menjadi 6 kingdom (kerajaan) yaitu Plantae (tanaman), Animalia (hewan), Protista (organisme bersel satu), fungi (jamur), Eubacteria dan Archaebacteria.

Cabang-cabang ilmu biologi

Biologi adalah ilmu pengetahuan yang sangat luas karna membahas seputar makhluk hidup, saking luasanya ilmu biologi terurai menjadi cabang-cabang ilmu yang lebih spesifik. Berikut cabang-cabang ilmu biologi beserta objek kajian yang dipelajari.
  1. Anatomi : ilmu yang mempelajari struktur tubuh bagian dalam
  2. Morfologi : ilmu yang mempelajari struktur tubuh bagian luar
  3. Botani : ilmu yang mempelajari seputar tumbuhan
  4. Soologi : ilmu yang mempelajari seputar hewan
  5. Ekologi : ilmu yang mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya
  6. Etologi : ilmu yang mempelajari tingkah laku hewan pada saat kawin
  7. Genetika : ilmu yang mempelajari keturunan genetik tau sifat
  8. Fisiologi : ilmu yang mempelajari proses yang terjadi pada makhluk hidup
  9. Evolusi : ilmu yang mempelajari perkembangan struktur tubuh makhluk hidup secara sederhana sehingga memunculkan spesies baru
  10. Histologi : ilmu yang mempelajari jaringan
  11. Mitologi : ilmu yang mempelajari tentang jamur
  12. Virology : ilmu yang mempelajari tentang virus
  13. Sitologi : ilmu yang mempelajari sel
  14. Bioteknologi : ilmu yang mempelajari penerapan teknik biologi dalam kehidupan (mengubah bahan yang kurang bermanfaat menjadi lebih bermanfaat) dan masih banyak cabang biologi yang lainnya.

Share with your friends

Give us your opinion