Manfaat dan Bahaya Mempelajari Ilmu Biologi

Biologi juga memiliki banyak manfaat dalam riset ilmiah yang mampu menghasil kan berbagai manfaat lainnya dalam segala bidang
Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan diharapkan mampu memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, sehingga tercipta peradaban yang lebih baik. Disatu sisi ilmu Biologi memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kehidupan, Namun disisi lain tak sedikit pula bahaya yang dapat timbul akibat penyalahgunaan ilmu Biologi.

Sampai saat ini banyak sekali manfaat yang telah dihasilkan oleh ilmu biologi. Baik itu manfaat di bidang pertanian, kedokteran, ekonomi, kesehatan dan masih banyak lagi. Meskipun begitu perkembangan ilmu biologi terkadang mengandung unsur negaif yang dapat menimbulkan bahaya bagi lingkungan alam dan manusia. untuk lebih jelas mengenai manfaat dan bahaya dari ilmu biologi, mari simak ulasan berikut.

Manfaat Mempelajari Biologi

Pada dasarnya manfaat mempelajari biologi adalah memberikan pemahaman lebih mendalam kepada seorang individu sebagai dasar untuk meningkatkan pola pikir. Selain itu menfaat mempelajari biologi juga dapat menambah wawasan terhadap berbagai sumber daya hayati yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Biologi juga memiliki banyak manfaat dalam riset ilmiah yang mampu menghasil kan berbagai manfaat lainnya dalam segala bidang. Seorang yang mempelajari ilmu biologi akan bertindak lebih bijak dari orang yang tidak mempelajari ilmu biologi dalam menghadapi permasalahan kehidupan. Contohnya, seorang yang memiliki pengetahuan mendalam di bidang bioteknologi dapat menjalankan suatu bisnis dengan menggunakan sumber daya hayati yang melimpah dan tidak pernah dilirik oleh orang awam.

Bahaya Mempelajari biologi

Selain bermanfaat, mendalami ilmu biologi juga memiliki bahaya yang terbilang mengerikan. Salah satu kerugian yang sering dilakukan dalam kegiatan penggunaan ilmu biologi saat ini adalah ketidak seimbangan ekosistem. Misalnyanya, ilmu biologi dalam teknik rekayasa genetika dapat menghasilkan bibit-bibit unggul yang bermanfaat dalam bidang pertanian, namun jika disalah gunakan oleh orang jahat yang tidak bertanggung jawab, teknik rekayasa genetika yang dapat menciptakan bibit unggul justru malah bibit yang membahayakan bagi kehidupan.

Selain itu kerugian dari perkembangan ilmu biologi adalah pembuatan senjata biologis yang digunakan untuk kejahatan orang-orang jahat yang tidak bertanggung jawab. Misalnya, virus HIV (Human Immuodeficiency Virus) yang dicemarkan di suatu wilayah sehingga menyebabkan penduduk sekitar menderita penyakit HIV atau AIDS.

Untuk menghindari penyelewengan atau penyalahgunaan hasil perkembangan ilmu biologi, diciptakanlah aturan yang disebut bioetika. Apa itu bioetika ? bioetika adalah penerapan etika dalam ilmu-ilmu biologis,obat,pemeliharaan kesehatran dan bidang terkait. Maksudnya para ilmuan harus melihat aturan etika baku dalam melakukan kajian biologi sehingga tidak terjadi penyalahgunaan ilmu pengetahuan dan teknologi khusunya di bidang kajian biologi.

Jadi kesimulanya biologi memiliki banyak peranan bagi kehidupan manusia. Sebagai makhluk yang ketergantungan dengan alam, biologi adalah ilmu pokok yang wajib kita pelajari. Sehingga kita lebih bijak dalam menggunakan sumber daya hayati dalam memenuhi kebutuhan hidup sehingga dapat tercipta peradaban yang lebih baik.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post

Tidak ada komentar: